Energi dan Pesona Fashion Ngawi (1)

0

Selama dua hari, 4-5 Oktober 2019, dan selama 10 tahun semenjak 2010, kota kecil Ngawi, Jawa Timur telah menorehkan namanya di blantika fashion Tanah Air dengan perhelatan annualnya yang bernama Ngawi Batik Fashion.

Pada dua hari itu, berbagai tamu penting, seperti para kepala daerah di Jawa Timur menghadiri undangan shohibul bait Bupati Ngawi, Ir. H. Budi Sulistyono, yang didampingi segenap pejabat yang ada di lingkungan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Dasar), para camat dan kepala desa, serta pihak Polres, Korem, dan Unit Batalyon Armed 12 Kabupaten Ngawi.

Beberapa Puteri Indonesia juga turut hadir memeriahkannya, seperti Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra; Putri Indonesia Pariwisata 2018, Wilda Octaviana Situngkir; Putri Indonesia Jawa Timur 2019, Bella Putri Ekasandra; serta model international: Loide Cristina, Tori Lynn Holbrook, Kutulaeva Mariya.

Mereka bertemu di Ngawi Batik Fashion 2019, yang tidak jauh dengan Hari Batik Nasional, sebuah perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Pemkab Ngawi telah menyiapkan perhelatan ini dengan dukungan 11 perajin batik lokalnya yang telah tumbuh dan berkembang seiring pelaksanaan festival yang secara konsisten digelar selama 7 kali ini, yakni: Batik Enjang Pelangi, Batik Pringgodani, Batik Langgeng Lestari, Batik Murakapi, Batik Karunia, Batik Joglo Timur, Batik Alfando, Batik Lumintu, Batik Widhi Nugraha, Batik Sidomulyo, dan Batik Sevyana.

Sekalipun perayaan Ngawi Batik Fashion ini sudah berjalan sepanjang sepuluh tahun, sambutan Presiden dalam Hari Batik Dunia yang dilaksanakan di Solo, pada 2 Oktober 2019 menekankan signifikansi keberlangsungan industri batik dalam Revolusi 4.0. Semua proses batik diharapkan bisa berjalan dengan cepat dan mengikuti mengikuti perkembangan dengan tehnologi, di samping pengharapan kepada generasi melenial untuk mengenal dan mencintai batik.

Teks: Wakhid; Foto: Harmen-Ade

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here