Pesona Sumba dalam Rancangan Hendri Budiman

0

Kain tenun Sumba rancangan Hendri Budiman dipanggungkan di Jogja Fashion Week 2019, lewat tema “The Journey”, Kamis (21/11/2019) di Hartono Mall

Hendri Budiman dikenal sebagai pembesut aneka ragam kain tradisional khas Indonesia. “Tahun ini saya mengombinasikan kain Indonesia, yakni tenun Sumba dan juga batik lawasan,” kata Hendri saat ditemui usai peragaan busana di Jogja Fashion Week,

Jika tahun lalu rancangan Hendri terkesan lebih simpel lewat padanan dress berpotongan lurus, kali ini Hendri menambahkan aksen lewat detail embroidery dan beads. Meski begitu, rancangan simpel khas Hendri bisa tetap terlihat simpel. Bahkan ia menerapkan teknik uncut dan zero waste.

“Saya membuat koleksi ini untuk siap pakai. Jadi pada setiap koleksi yang diperagakan selalu dapat digunakan untuk sehari-hari. Untuk pemakaian kain pun saya kombinasikan dengan batik tulis ,batik cap serta tenun garut, supaya bisa terkesan simpel, bisa juga terlihat mewah,” jelasnya lagi.

Mengenai desainnya yang selalu menggunakan kain tradisional Indonesia, Hendri mengaku dirinya merasa punya kewajiban untuk mempromosikan keindahan kain-kain itu ke pecinta fashion Tanah Air dan seluruh dunia.

“Saya merasa saya punya tugas untuk perlindungan kemanusiaan dan lingkungan pada sebuah karya mode, juga tak lupa menggunakan bahan katun organik yang aman bagi perkerja garmen,” ujar Hendri.

Koleksi yang tampil kali ini terdiri dari 10 outfit, dengan terapan minim cutting serta style pada beberapa ragam busana, seperti: outer atau luaran, celana panjang, serta sarung lipit, dan blus atasan.

Teks: Harmen; Foto: Ist.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here