Sarung is My Style

0

Jogja – Dalam rangka menggaungkan sarung sebagai busana cocktail maupun evening, IFC chapter Jogja menyelenggarakan fashion show pada 26 Agustus 2017 di Hartono Mall, Jogja. Acara sore itu merupakan rangkaian dari IFC Fashion Movement on August 2017.

“Target kami adalah RI 1 mengenakan sarung fashion kami,” ujar Lia Mustafa, Ketua IFC chapter Jogjakarta, dalam konpers jelang fashion show Sarung is My Denim, pada malam harinya. Diharapkan, sarung pun terjelma menjadi salah satu busana cocktail dan busana evening yang siap dikenakan oleh siapa saja, terlepas dari identitas keagamaan maupun kultural semata.

Tak mau tanggung, IFC Jogja mendatangkan 12 desainer dengan total 100 outfit, yang membawakan serba sarung. Para desainer itu adalah Afif Syakur, Lia Mustafa, Philip Iswardono, Amin Hendra Wijaya, Hendri Budiman, Dewi Roesdji, Dani Paraswati, Isyanto, Ratri, Mudrika Paradise, Lutfi Vadisa, dan Lanny Amborowati. Sementara desainer tamu yang adalah Soffie (Jakarta), Dwi Iskandar (Denpasar), dan Zoe Sudarna (Semarang).

Tak hanya itu, Helmut Brunnel (desainer dari Jerman) dan Kenichi Ichikawa beserta istri (desainer dari Jepang) meluangkan waktunya untuk menyaksikan fashion show Sarong is My New Denim yang didedikasikan sebagai upaya mengangkat warisan budaya agar bisa kembali membuka mata dunia tentang segala bentuk sarung di Indonesia.

Hadir pula ibu Erna Suharsono (istri Bupati Bantul), Bapak Tazbir, Kementrian Pariwisata, Ibu Indah Rahayu (President LCY Puspita Mataram), perwakilan dari Paguyuban Pecinta Batik Sekarjagad, serta berbagai komunitas yang hadir bersarung juga. Ini merupakan sebuah apresiasi juga atas tutorial yang dilakukan beberapa waktu sebelumnya.

Rangkaian Sarung is My New Denim belum selesai, yang akan disusul di Joglo Plawang, Pakem, Turi, dalam konsep Anti Fashion. Acara diakhiri dengan penampilan spektakuler berupa pemecahan rekor MURI, yakni eksebisi membatik lintas generasi dan juga pemberian MURI untuk pertama kalinya berfashion show di dalam hutan. Akhir rangkaian IFC Fashion Movement Sarong is My New Denim ditutup di Desa Gedangsari, dengan peragaan busana 6 desainer IFC dan anak didik SMKN 2 Gedangsari.

Wakhid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here